| Berbagi Ilmu dan Pengalaman
1 October 2014

LIFE SKILL , MODAL SUKSES MASA DEPAN

Suatu ketika dalam sebuah arisan di perumahan tempat tinggal saya, seperti biasa sebelum acaranya dibuka ibu-ibu asyik mengobrol. Ada yang membicarakan masalah fashion, harga kebutuhan pokok, kuliner sampai masalah pembantu, suami dan anak-anak.

Kebetulan saat itu saya sedang “ngomongin” perihal anak dengan seorang ibu yang cukup senior di perumahan. Beliau mengeluhkan putranya (sudah duduk dibangku kuliah) tetapi masih harus di “dikte” terus setiap hari dalam urusan-urusan kemandirian dan tanggung jawab. Kamar berantakan, pakaian, buku, kertas-kertas, handuk, sepatu campur aduk di lantai maupun diatas tempat tidur.  Bangun kesiangan sudah menjadi kebiasaan sehari-hari, kuliahnya molor dan pulang kuliah tujuannya tidak ke rumah apabila tidak dimonitor.  Tidak peduli dengan urusan rumah, selalu menuntut haknya.

Pada saat itu yang terpikir dibenak saya, begitu panjangnya perjalanan menjadi orang tua dan  begitu besarnya tantangan yang kita hadapi dalam mendidik anak-anak.  Berbeda dengan anak-anak yang masih kecil, masih lebih mudah diatur, anak-anak yang beranjak remaja ternyata jauh lebih kompleks permasalahannya sehingga perlu cara cerdas untuk menghadapinya. Dan Subhanallah, dalam perjalanan tersebut Allah tak luput memberikan ujian-ujian baik berupa kesulitan maupun kemudahan.

Kasus tersebut adalah satu dari sekian banyak realitas yang terjadi pada remaja kita, dan sejenak kita dapat mengambil kesimpulan bahwasannya sekedar pendidikan formal di sekolah yang hanya menekankan pada penguasaan mata pelajaran (akademisi) tidak akan sempurna tanpa pendidikan informal yang menekankan pada ketrampilan hidup sehari-hari di rumah. Pendidikan formal maupun informal hendaknya berorientasi pada pengajaran seluruh aspek potensi (akal, fisik, kalbu) setiap manusia agar potensi tersebut dapat memberikan manfaat bagi diri individu maupun orang lain.

MENGAJARKAN LIFE SKILL
Life skill atau keterampilan hidup merupakan keterampilan yang dibutuhkan setiap individu untuk dapat survive dalam hidup dan kehidupan. Dengan keterampilan ini kita memiliki kemampuan untuk menemukan masalah, memecahkan masalah, membuat keputusan terhadap suatu pilihan dan menghindari situasi yang mungkin dapat menjatuhkan  dan memperkuat pertahanan dan ketahanan mental menghadapi masalah hidup.

Kita akan menjadi orang tua efektif apabila pengajaran life skill ini dimulai kepada anak-anak sejak usia dini. Layaknya seperti petani menanam padi, benih padi akan dapat dituai (dipetik) ketika sudah menjadi padi yang menguning. Kita ketahui bersama menguningnya padi membutuhkan waktu yang tidak singkat dan proses yang tepat sehingga ketika dikonsumsi manusia menjadi nasi yang enak. Sebaliknya proses yang tidak tepat  akan menyebabkan kegagalan proses penanaman sehingga kualitas berasnya juga buruk.

Ketrampilan hidup apa yang harus kita ajarkan? Ada  tiga point yang termasuk didalamnya:
1.    Self improvement skills yaitu ketrampilan yang membangun diri anak (self esteem, managing emotion, decision making )
2.    Relational skills yaitu ketrampilan yang membangun hubungan antara anak dan lingkungannya (building positive relationships, handling conflict, assertion)
3.    Lifelong skills yaitu keterampilan yang membangun hidup dan masa depan anak yang bertujuan dan bermakna (goal setting, identifying intelligence/talents, the art to life meaningfully)

Ketrampilan hidup bukan pelajaran teori yang harus dihafalkan tetapi lebih kepada praktek melalui latihan dan pembiasaan dalam kehidupan sehari-hari. Mengajarkannya pun disesuaikan dengan usia dan kemampuan setiap anak. Anak usia empat tahun sudah dapat kita ajarkan untuk  mandi sendiri, menggosok giginya, mengembalikan handuk di tempatnya sehingga mereka tidak akan mengalami kesulitan  dan tergantung pada bantuan orang tua atau pembantunya.

Mereka berlatih menjadi mandiri dan bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri.  Begitu pula dengan ketrampilan mengambil keputusan dapat kita ajarkan pada saat ia memilih pakaian, mainan, makanan dll. Dalam kegiatan bermain, kita juga dapat mengasah ketrampilan berkomunikasinya.

Jadi, sesungguhnya dalam aktivitas sehari-hari, banyak hal yang dapat kita jadikan sarana untuk mengajarkan ketrampilan hidup pada anak kita.  Hal ini tidak hanya berlaku untuk anak kita yang masih balita saja, sampai dewasa pun anak kita masih tetap membutuhkan pengajaran life skill sesuai dengan tingkatannya. Ketrampilan hidup yang mereka peroleh pada tahap-tahap perkembangan sebelumnya merupakan fondasi   untuk tahap perkembangan selanjutnya.

METODE PENGAJARAN
Pelajaran apapun akan sukses dengan rumus atau metode pengajaran yang tepat. Modelling atau teladan merupakan cara yang sangat penting diperhatikan orang tua , karena anak-anak belajar dari apa yang dilihat, didengar, dan dirasakan. Perkataan dan perbuatan orang tua menjadi pelajaran untuk anak apa dan bagaimanana orang tuanya hidup.

Reinforcement atau dorongan dibutuhkan setiap saat untuk menguatkan dan mempertahankan kebiasaan baik yang sudah terbentuk dan mendorong anak untuk bertanggung jawab terhadap perilakunya.

Consistency, konsisten dengan apa yang kita ajarkan  akan mengurangi kebingungan anak dan menguatkan rasa amannya terhadap peraturan yang telah disepakati.
Practice, latihan kontinyu adalah upaya agar anak kita menjadi terampil. Latihan efektif, dilakukan dalam suasana yang beresiko rendah (dirumah/keluarga) sehingga anak-anak memiliki kesiapan ketika berada pada situasi diluar rumah (sekolah). Dengan latihan anak akan memiliki kepercayaan diri dimanapun dengan siapapun mereka berinteraksi.

Make rooms for mistake. Dalam proses belajar pasti timbul adanya kesalahan. Kita pastikan anak kita merasa aman dengan kesalahan yang dilakukan dan kita bantu untuk mengetahui kesalahannya dan mendorongnya untuk memperbaikinya.
Patience, kesabaran adalah kunci yang utama untuk keberhasilan semua proses belajar.

Belajar Life skill berarti learning to know, learning to do, learning to be, dan learning to live together. Kesuksesan hidup adalah buah dari keseriusan kita mengasah ketrampilan hidup.

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0.0/10 (0 votes cast)
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0 (from 0 votes)

Leave a Reply

smsPILKADA.com Aplikasi SMS Quick/Real Count